RSS

Macam-macam jaringan


  1. Berdasarkan Lingkup Area Geografi

Macam-macam Jaringan Komputer
  •  LAN (LOCAL AREA NETWORK). 
Jaringan jenis LAN biasanya digunakan untuk area atau wilayah yang kecil. Merupakan jenis jaringan komputer yang mencakup wilayah lokal yang dihubungkan dengan kabel (UTP, HUB, Switch, Router dll) yang dapat dipakai secara bersama-sama (misalnya : printer, hardisk). Contoh komputer-komputer pada jaringan LAN seperti warnet, laboratorium, kantor dll.
Keuntungan dari penggunaan Jenis Jaringan Komputer LAN seperti lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional, lebih irit dalam penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN.
Kerugian dari penggunaan Jenis Jaringan LAN adalah cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.

  •  MAN (METROPOLITAN AREA NETWORK).
Jaringan kawasan metropolitan (MAN) lazimnya melingkupi kawasan yang lebih luas dibanding dengan LAN. MAN biasanya dipakai untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. 
MAN biasanya meliputi area seluas antara diameter 5 s.d 50 km. Seperti jaringan telepon lokal, telepon seluler antar kota. Dengan menjalankan suatu jaringan keterhubungan yang besar, informasi yang disebarkan dengan lebih meluas, cepat dan bermakna.

  • WAN (WIDE AREA NETWORK).
WAN adalah Jaringan Komputer area luas menggabungkan beberapa LAN yang terpisah secara geografis. Hal ini dilakukan dengan menghubungkan berbagai layanan LAN menggunakan didedikasikan saluran telepon sewa, saluran telepon dial-up (baik sinkron maupun asinkron), link satelit, dan layanan operator paket data.
Keuntungan Jenis Jaringan Komputer WAN seperti cakupan wilayah jaringannya lebih luas dari Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN, tukar-menukar informasi menjadi lebih rahasia dan terarah karena untuk berkomunikasi dari suatu negara dengan negara yang lainnya memerlukan keamanan yang lebih, dan juga lebih mudah dalam mengembangkan serta mempermudah dalam hal bisnis. 
Kerugian dari Jenis Jaringan WAN seperti biaya operasional yang dibutuhkan menjadi lebih banyak, sangat rentan terhadap bahaya pencurian data-data penting, perawatan untuk jaringan WAN menjadi lebih berat.
     2. Berdasarkan Kedudukan Komputer Pada Jaringan.
  • Jaringan Peer-to-Peer
Pada jaringan peer-to-peer setiap komputer yang terhubung memiliki kedudukan yang relatif setara dan setipa user dapat mengelola komputernya. Jaringan peer-to-peer cocok digunaan untuk jaringan kecil, misalnya jaringan di rumah.

  • Jaringan Client-Server
Jaringan client-server adalah jaringan yang komputer-komputer di dalamnya dapat dibedakan menjadi client dan server. Server adalah suatu komputer yang dominan sebagai penyedia layanan. Dalam suatu jaringan dapat terdiri atas lebih dari satu server dan setiap server dapat menyediakan lebih dari satu layanan. Client adalah komputer yang dominan sebagai pengguna layanan. Pada jaringan client-server diperlukan tenaga administrator untuk mengawasi dan mengatur jalannya jaringan.
     3. Berdasarkan Media yang Digunakan (Fisik)
  • Jaringan Kabel (Wire)
Jaringan komputer yang secara fisik dihubungkan dengan kabel-kabel jaringan.

  • Jaringan Tanpa Kabel (wireless)
Jaringan tanpa kabel adalah jaringan yang dihubungkan dengan gelombang radio. Jika dibandingkan dengan jaringan kabel, jaringan nirkabel memiliki kelebihan karena kemampuannya mudah bergerak, dapat dipindah dengan leluasa dan menjadi solusi yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar