RSS

GPRS dan 3G

1.    GPRS
GPRS adalah singkatan dalam bahasa Inggris, yaitu General Packet Radio Service, adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat jika dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data (CSD). Sering disebut pula dengan teknologi 2,5G.

GPRS merupakan sistem transmisi berbasis paket untuk GSM yang menggunakan prinsip ‘tunnelling’. GPRS mempunyai kecepatan transfer data yang cepat. Mencapai 115 kbps, namun dalam prakteknya kecepatan transfer data GPRS masih 25-30 kbps. GPRS mentransfer data dalam sistem paket. Oleh karena itu sistem perhitungan tarif layanan GPRS bukan berdasar pada lama penggunaan, tetapi berdasarkan besarnya data yang ditransfer.


GPRS sebagai media transmisi data juga memiliki kelemahan dan kelebihan, apa sajakah itu?

Kelebihan GPRS
1.      Dapat mengakses ke rangkaian LAN.
2.      Dapat digunakan untuk Download/Upload file.
3.      Mendukung E-mail.
4.      Mendukung MMS.
5.      Mengakses internet.
6.      Pemakaian biaya dapat diminimalisir.

Kekurangan GPRS
1.      Kecepatan akses yang terbatas.
2.      Modulasi tidak stabil.
3.      Koneksi kadang terputus dengan sendirinya.
4.      Tidak ada media penyimpanan.


 2. 3G
3G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: third-generation technology atau biasa dibaca: triji. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless).

Seperti yang dikutip oleh FCC, yang mendefinisikan 3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses:

* Sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak cepat (mobile).
* Sebesar 384 Kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian).
* Sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik di suatu tempat.

Ada pun perkembangan teknologi nirkabel dapat dirangkum sebagai berikut:
1. Generasi pertama: analog, kecepatan rendah (low-speed), cukup untuk suara. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System)
2. Generasi kedua: digital, kecepatan rendah - menengah. Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT
3. Generasi ketiga: digital, kecepatan tinggi (high-speed), untuk pita lebar (broadband). Contoh: W-CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) dan CDMA2000 1xEV-DO.

Antara generasi kedua dan generasi ke-3, sering disisipkan Generasi 2,5, yaitu digital, kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang masuk kategori 2,5G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) & EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA.

0 komentar:

Posting Komentar