RSS

Jenis-Jenis Modem

Jenis-Jenis Modem


1. Modem Dial-up


Berdasarkan cara pemasangannya,terdapat 2 jenis modem, yaitu:



  • Modem External sudah di ketahui dari namanya modem external yang memiliki ciri yaitu letaknya yang berada diluar komputer . Umumnya dipasangkan pada Serial port atau USB pada CPU. Kelebihan Modem ini adalah Cenderung Memakan Tempat karena untuk Meletakkannya di perlukan Tempat tersendiri , dan juga relatif mahal harganya .


  • Modem Internal ini berbentuk kartu tambahan yang dipasangkan pada motherboard computer di dalam casing. Modem Internal lebih murah  dibandingkan modem eksternal,akan tetapi tidak dapat dipindah dengan mudah. 
2.  Modem Digital Subscriber Line ( DSL)




Modem digital subscriber line (DSL) adalah jenis modem yang menggunakan jaringan telepon sebagai jalur komunikasi. Modem ini menggunakan tehnik pengiriman yang berbeda. Penggunaan modem ini harus didukung oleh penyedia jasa komunikasi telepon. Kelebihan dibandingkan Dial-up adalah kecepatan yang jauh lebih tinggi dan tidak mengganggu saluran telepon yang digunakan. Layanan DSL sudah tersedia di Indonesia dalam bentuk Asynchronous Digital Subscriber Line ( ADSL ). Kecepatan ADSL cocok untuk pengguna rumah/kantor yang ingin menggunakan internet dengan cepat dan murah.

3. Modem Kabel




Modem ini meggunakan saluran televisi kabel berbayar. Modem ini yang menyediakan bandwith yang lebih baik dibandingkan modem dial up. Aksesnya cukup cepat, yaitu untuk transmisi downstream hingga 38 Mbits/s dan transmisi upsteram hingga 1 Mbits/s.


4. Modem VSAT




Modem ini digunakan untuk koneksi internet melalui satelit. Modem ini dihubungkan dengan sebuah unit antena untuk pengiriman dan penerimaan data antara modem dan satelit atau antara modem dan stasiun bumi yang selanjutnya terhubung ke satelit.
5. Modem GSM / CDMA







Pada modem GSM, kartu sim card yang digunakan khusus kartu GSM.
Pada mosem CDMA maka kartu yang digunakan khusus kartu SIM. CDMA modem dapat disebut sebagai teknologi internet Wireless bergerak. Koneksi internet yang digunakan modem saat ini yaitu dengan menggunakan teknologi HSDPA (High Speed Packet Access) atau UMTS ( Universal Mobile Telecommunication System ).
Mungkin saat ini anda biasa menyebutnya dengan teknologi 3.5 G.
Perangkat yang digunakan bernama USB Stik Modem GSM/ CDMA yang bisa dibawa kemana-mana seperti flashdisk. Karena bentuknya yang kecil sehingga memungkinkan pengguna laptop membawanya untuk mengakses internet dimana saja dan kapan saja.

0 komentar:

Posting Komentar