RSS

Internet dan Intranet

I. Pengertian Internet dan Intranet

  • Internet (Interconnected Network)

Internet (Interconnected Network) adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia sehingga menjadi suatu jaringan komputer yang sangat besar. Nah, Internet dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer, menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
  • Intranet (Internal Network)


Intranet (Internal Network) ialah sebuah jaringan komputer berbasis IP, seperti internet. Hanya saja digunakan dalam internal (di dalam), terbatas pada suatu ruang lingkup jaringan tertentu yang lebih kecil. Contohnya, intranet digunakan pada suatu sekolah, perusahaan, atau kantor. Intranet menggunakan semua protokol (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien, dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya, seperti FTP, POP3, atau SMTP umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.
II. Ciri-Ciri Internet dan Intranet
Nah, disini mau disampaikan masing-masing 3 ciri dari Internet dan intranet.
  • Internet:
1.      Cakupan aksesnya bersifat global
2.      Cara pemakaian teknologi untuk berkomunikasinya lewat saluran   telekomunikasi
3.      Penggunanya semua orang  
  • Intranet:
1.      Cakupan aksesnya terbatas
2.      Cara pemakaian teknologi untuk berkomunikasinya dengan   koneksi antar kelompok kerja di      dalam lingkungan perusahaan atau instansi
3.      Penggunanya hanya orang- orang tertentu

0 komentar:

Posting Komentar