RSS

Hardware Jaringan

  • SERVER
Server umumnya memiliki sistem operasi, aplikasi, dan database yang menyediakan layanan kepada komputer- komputer lain dalam jaringan. Database yang terdapat di komputer server biasanya berisi data-data yang digunakan bersama-sama oleh komputer-komputer client. Terkadang database server dibuat terpisah. Jika jaringan terhubung dengan internet, server dapat berfungsi juga sebagai gateway atau gerbang komputer client untuk mengakses internet. 

  • CLIENT
Client merupakan komputer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server. Client menerima layanan dari server.

  • KARTU JARINGAN / LAN CARD
LAN Card adalah perangkat keras jaringan yang dipasangkan di motherboard komputer yang terdapat pada jaringan (baik server maupun client). Pada beberapa motherboard juga terpasang LAN Card atau disebut LAN Card On-Board. LAN Card memungkinkan komputer pada jaringan saling berkomunikasi dan mempertukarkan data.

  • HUB
Hub berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN Card. Hub juga merupakan tempat berkumpulnya kabel-kabel jaringan. Hub menghubungkan komputer server dengan beberapa komputer client.

  • KABEL DAN KONEKTOR
Terdapat beberapa jenis kabel untuk jaringan. Yang umum digunakan ialah kabel UTP dengan konektor RJ-45.

  • REPEATER 
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal di jaringan sehingga sinyal yang diterima dari komputer pengirim, sama dengan kekuatan aslinya. Dengan menempatkan repeater maka jarak antar komputer di jaringan dapat dibuat semakin jauh.

  • BRIDGE 
workstation, server atau perangkat lainnya. Dengan kata lain Hub sama halnya seperti sebuah jembatan yang dapat menghubungkan beberapa kota atau provinsi.

  • ROUTER
Router berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Dengan adanya router maka arus data dari satu LAN dapat diisolasi dari arus LAN yang lain. Sehingga arus data tidak bercampur baur dengan arus data dari LAN yang lain. Ada 2 jenis router, yaitu router dedicated (keluaran pabrik) dan router PC (komputer PC yang dibuat menjadi router).


0 komentar:

Posting Komentar