RSS

Aplikasi Internet Beserta Fungsinya

  • ·         World Wide Web (WWW)
World Wide Web (WWW) adalah aplikasi yang paling menarik di internet dan seperti e-mail, aplikasi ini sangat penting dan banyak digunakan. Dokumen web tersebut dibuat dengan format Hyper Text Markup Language (HTML). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen lain. Dokumen yang dibuat HTML tersebut dapat memuat text, gambar, animasi, audio, dan video.
  • ·         Electronic Mail (E-mail)
Electronic Mail (E-mail) adalah aplikasi berupa surat elektronik pada internet yang merupakan alat komunikasi yang paling murah dan cepat. Melalui e-mail, kita dapat berhubungan dengan siapa saja yang terhubung ke internet dengan biaya relative terjangkau. Konsep e-mail seperti mengirim surat dengan pos biasa, dengan beralamatkan suatu e-mail yang dituju.
  • ·          Mailing List
Mailing List atau sering disebut juga milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.
  • ·          Newsgroup
Newsgroup juga dianggap seperti “Bulletin Board” yang ada di sekolah atau di kantor, dimana setiap orang meletakkan artikel-artikel atau pendapat-pendapatnya dan boleh dilihat dan dibaca semua orang. Dengan aplikasi newsgroup artikel atau surat yang kita kirim dengan cepat terletak di group yang kita inginkan.
  • ·          Internet Relay Chat (IRC)
Internet Relay Chat (IRC) adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet atau yang biasa disebut dengan chatting. Chatting dilakukan dengan cara mengetik apa yang ingin dikatakan kepada teman chatting, kemudian mengirimkannya dalam bentuk teks.
  • ·         File Transfer Protocol (FTP)
File Transfer Protocol (FTP) adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim atau mengambil file kea tau dari computer lain. FTP memungkinkan transfer data lebih cepat.
  • ·          Telnet
Telnet adalah aplikasi yang digunakan untuk mengakses computer yang letaknya jauh. telnet dapat digunakan apabila kita mempunyai alamat IP (IP address) dari computer yang akan diakses dan kita juga harus mempunyai hak akses (use ID dan password) ke computer tersebut.
  • ·          Gopher
Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun informasi yang dicari hanya terbatas teks saja.
  • ·         Ping
Ping singkatan dari Paket Internet Gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah computer yang kita gunakan mempunyai sambungan (terkoneksi) dengan computer lain di internet. pengecekan hubungan dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.
Hanya ini yang saya tau, semoga bisa bermanfaat... Terimakasih...

0 komentar:

Posting Komentar